Home Pengembangan Inkubator Kepemimpinan FUTURE CHALLENGES MENJADI FUTURE OPPORTUNITIES


FUTURE CHALLENGES MENJADI FUTURE OPPORTUNITIES

6 min read
0
0
106

Hilirisasi Digital itu merupakan sangat besar sekali nilainya, bahkan bisa melebih dari #HilirisasiNikel, #HilirisasiPerkebunan, #HilirisasiPerikanan, dsb, Karena semua hilirisasi itu tidak akan lepas dengan namanya DIGITAL. Kami masih ingat dengan #ISDN dulu ketika baru mulai kerja di industri telekomunikasi. Salah satu kalimatnya adalah semua kehidupan akan terhubung dengan teknologi digital. Sehingga kita semua perlu #MemahamiHilirisasiDigital dan mengembangkan #RoadmapHilirisasiDigital dengan baik.

Untuk memasuki hilirisasi ini jelas menjadi tantangan besar bagi siapapun termasuk Indonesia sendiri, apalagi kata #Hilirisasi mulai populer, sebenarnya di kalangan kampus sudah sangat populer dengan #HilirisasiRiset. Bagaimana kampus itu bisa melakukan riset dan akhirnya bisa menjadi layanan dan produk di pasaran. Dan ini banyak dilakukan seperti di kampus Jepang. Kami masih ingat diundang pihak LIPI Bandung menghadiri presentasi professor Jepang cerita wireless charging. Teorinya ternyata ilmu pernah kami pelajari di waktu mahasiswa sangat dulu.

Oleh karena itu, sangat menarik sekali jika bisa menyampaikan perihal #futurechallenges menjadi #FutureOpportunities, meskipun dalam kalimat pendek yang disampaikannya. Sebenarnya telah banyak contoh-contohnya di dunia ini yang bisa memahami pola fikir.

Lihat kepada negara seperti Korea dan Jepang, kedua negara ini tidak mempunyai sumber alam yang sangat kaya bahkan tidak ada seperti Indonesia. Tetapi mereka menjadi negara penghasil mobil yang sangat besar dan menguasai pasar global. Setiap jalanan kita Indonesia, selalu ada merek-mereka Jepang dan Korea.

Mereka semua bisa merubah dari tantanga menjadi peluang. Tidak ada masalah mereka tidak mempunyai bijih besi atau tembaga sebagai tantangan-tatangan (challenges), tetapi mereka bisa mengambil peluang-peluang (Opportunies). Dan kita bisa merasakan #B2B yang dikembangkan mereka dalam industri automatif, bahkan bengkel-bengkel ada di mana-mana, bahkan tukang tambah ban mobil dan motor ada, ganti oli dsb. Mereka semua sangat memahami hilirisasi industri kendaraaan.

READ  Mengembangkan Kepemimpinan Ekosistem Bisnis Berbasis Pengetahuan

Untuk bisa menanamkan pola fikir (mindset) “ #futurechallenges menjadi #FutureOpportunities ”, Indonesia harus banyak mengembangkan #InkubatorBisnisKampus kalangan kampus atau perguruan tinggi, #InkubatorUMKM bisa menumbuhkan UMKM daerah yang berkembang pesar dan #InkubatorKepemimpinan untuk mendidik talenta-talenta baru yang akan memasuki perubahan zaman sebagai pionir dan visioner.

Kita sebenarnya sedang masuk ke dalam lomba marathon dengan sumber-sumber yang dimiliki setiap negara. Apakah kita bisa melakukan #futurechallenges menjadi #FutureOpportunities. Itu bergantung pada kita sendiri.


Jika mempunyai pertanyaan berkaitan pelatihan, pendampingan, perencanaan dan pengembangan inkubator kepemimpinan yang kami berikan dan berkeinginan kerjasama, silahkan untuk mengkontak kami, haitan.rachman@inosi.co.id 

Load More Related Articles
Load More By Moh. Haitan Rachman
Load More In Pengembangan Inkubator Kepemimpinan
Comments are closed.

Check Also

Mobile Book “Panduan Knowledge Management (KM) Pemerintahan”

“Panduan Knowledge Management (KM) Pemerintahan” adalah mobile book yang memba…