Home Knowledge Management Bisnis Perencanaan Dan Pengembangan Knowledge Management (KM) Riset dan Inovasi


Perencanaan Dan Pengembangan Knowledge Management (KM) Riset dan Inovasi

8 min read
0
0
58

Perencanaan dan pengembangan Knowledge Management (KM) Riset dan Inovasi sangat penting bagi organisasi riset dan inovasi karena mereka memiliki tugas untuk mengelola dan memanfaatkan informasi dan pengetahuan untuk menciptakan dan mengembangkan produk atau layanan yang inovatif.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam perencanaan dan pengembangan KM riset dan inovasi:

  1. Pengenalan Knowledge Management (KM) dan Implementasinya dalam Riset dan Inovasi: Memberikan pengenalan mengenai definisi, tujuan, manfaat, dan konsep-konsep penting dalam KM, serta cara mengimplementasikannya dalam konteks riset dan inovasi.
  2. Identifikasi dan Kategorisasi Pengetahuan dalam Riset dan Inovasi: Memahami jenis-jenis pengetahuan yang ada dalam organisasi riset dan inovasi dan cara mengidentifikasi serta mengkategorisasikannya.
  3. Evaluasi Kebutuhan KM dalam Riset dan Inovasi: Menganalisis kebutuhan organisasi dalam mengelola pengetahuan dan menentukan strategi KM yang tepat sesuai dengan kebutuhan tersebut.
  4. Perencanaan dan Implementasi KM dalam Riset dan Inovasi: Merancang dan mengimplementasikan sistem KM yang efektif, termasuk kebijakan dan prosedur, infrastruktur teknologi informasi, dan program pelatihan untuk staf yang bertanggung jawab dalam mengelola pengetahuan.
  5. Pengukuran Keberhasilan KM dalam Riset dan Inovasi: Memahami cara mengukur keberhasilan KM dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kinerja organisasi riset dan inovasi.
  6. Monitoring dan Peningkatan Sistem KM dalam Riset dan Inovasi: Memantau dan mengevaluasi sistem KM yang sudah diimplementasikan secara berkala untuk memastikan bahwa sistem tersebut tetap relevan, efektif, dan efisien. Jika ditemukan kelemahan atau kekurangan, maka dilakukan perbaikan atau peningkatan sesuai dengan evaluasi yang dilakukan.
  7. Pelatihan dan Pengembangan SDM dalam Riset dan Inovasi: Memberikan pelatihan dan pengembangan kepada staf organisasi riset dan inovasi dalam mengelola pengetahuan dan mengimplementasikan sistem KM yang efektif. Pelatihan ini dapat mencakup peningkatan kemampuan teknis, keterampilan manajemen, dan pemahaman tentang budaya pengetahuan.
  8. Promosi dan Keterlibatan dalam Penerapan KM dalam Riset dan Inovasi: Melibatkan seluruh staf organisasi riset dan inovasi dalam implementasi KM dan memberikan motivasi serta dukungan kepada mereka untuk aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengembangkan sistem KM yang efektif. Selain itu, juga perlu dilakukan promosi dan sosialisasi tentang pentingnya KM dan manfaatnya bagi organisasi riset dan inovasi.
  9. Penanganan Hambatan dalam Implementasi KM dalam Riset dan Inovasi: Mengidentifikasi dan menangani hambatan-hambatan yang mungkin terjadi selama implementasi sistem KM, seperti resistensi terhadap perubahan, kurangnya dukungan dari manajemen, dan masalah teknologi informasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa implementasi KM berjalan lancar dan berhasil sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
  10. Pengembangan Program Reward dan Pengakuan atas Implementasi KM yang Berhasil: Membuat program reward dan pengakuan atas keberhasilan implementasi KM yang telah dilakukan, untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada staf yang telah aktif berpartisipasi dalam mengembangkan sistem KM yang efektif. Hal ini juga dapat menjadi strategi untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya KM dalam organisasi riset dan inovasi.
READ  Mengembangkan Knowledge Management (KM) Perusahaan

Dalam perencanaan dan pengembangan KM riset dan inovasi, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan khusus organisasi riset dan inovasi, seperti jenis pengetahuan yang harus dikelola, lingkungan kerja yang berbeda, dan peran staf dalam pengelolaan pengetahuan. Selain itu, juga perlu dipertimbangkan faktor budaya dan sosial dalam organisasi, yang dapat mempengaruhi keberhasilan implementasi KM. Oleh karena itu, perencanaan dan pengembangan KM riset dan inovasi harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik organisasi dan melibatkan staf organisasi riset dan inovasi untuk memastikan keberhasilan implementasi KM.


Jika mempunyai pertanyaan berkaitan pelatihan, pendampingaan, perencanaan dan pengembangan Knowledge Management (KM) yang kami berikan serta berkeinginan kerjasama, silahkan kontak kami melalui haitan.rachman@inosi.co.id

Load More Related Articles
Load More By Moh. Haitan Rachman
Load More In Knowledge Management Bisnis
Comments are closed.

Check Also

Mobile Book “Panduan Knowledge Management (KM) Pemerintahan”

“Panduan Knowledge Management (KM) Pemerintahan” adalah mobile book yang memba…